Sekilas Tentang AC

Solusi Teknis Seputar AC
Service AC Delima 
Tanjung Duren - Jakbar
0859 2143 5802

Cara Merawat AC Anda Agar Tetap Dingin
Bagian terpenting dari AC yg harus anda perhatikan agar selalu bersih adalah bagian evaporator (indoor) & condensor (outdoor) [berbentuk sirip/kisi2].



Seputar Outdoor
Idealnya penempatan mesin outdoor tidak terlalu tinggi, kira2 diatas kepala sedikit agar mudah dijangkau untuk dibersihkan. Karena seringkali terjadi  teknisi gagal untuk datang service/cuci AC, maka yang harus anda lakukan adalah menyemprot bagian belakang dari kipas outdoor (condensor). Karena bila condensor penuh dengan debu maka sirkulasi hawa buangan panas akan terhambat. Yang dapat mengakibatkan compressor overheat, dan efek sampingnya adalah arus ampere menjadi tinggi bahkan dapat mengakibatkan komponen capacitor ataupun overload putus.

Penempatan outdoor harus berada di posisi yg mendapatkan cukup sirkulasi udara yg baik agar kompresor tidak mengalami overheat.
Anda dapat menyemprot kondensor dengan selang air hingga terlihat tembus pandang ke belakang. Hati2 bila type ac anda inverter karena letak modul inverter berada tepat di atas fan outdoor. Bila terkena air bisa menyebabkan terjadinya korsleting dan ac anda tidak bisa berfungsi. Sedangkan untuk mencari part bagian modul inverter masih tergolong langka.

Ada situasi diperlukan menambah freon setelah mencuci karena kondisi kondensor outdoor yang sangat kotor bila diukur dengan tang ampere/kapasitas freon bisa terlihat cukup tinggi dikarenakan sirkulasi hawa panas tidak terbuang secara baik sehingga menyebabkan freon seakan-akan dalam kondisi tinggi, padahal sebaliknya bila kondensor dalam keadaan bersih maka suhu akan lebih rendah otomatis kompresi freonpun ikut turun. Pada kasus yang seperti inilah yang menjadi penyebab AC kurang dingin setelah diservice/cuci.

Freon bisa berkurang disebabkan karena pentil, seperti layaknya tekanan angin pada ban mobil bisa berkurang dalam kondisi rutin dipakai maupun jarang dipakai. 

Kondisi Freon yang kelebihan juga dpt menyebabkan ac anda menjadi tidak dingin, karena ibarat mobil diisi oli yg berlebihan maka putaran mesin menjadi berat bahkan mengakibatkan overheat. Akibat dari overheat ini dapat menyebabkan komponen yg lain menjadi rusak karena ampere yang tinggi.

Kebocoran
Ciri-ciri bocor freon atau kurang freon dapat dilihat pada bagian pipa outdoor anda. Akan ada pembekuan es melapisi bagian pipa yang lebih kecil. 



Bahkan bila kondisi freon anda sudah sangat menipis maka tidak terlihat adanya pembekuan atau kondensasi (berembun). Untuk lebih jelasnya lagi anda dapat memegang bagian pipa yg kecil bila tidak terasa dingin artinya freon anda sudah habis. Ciri-ciri kondisi AC yg sehat adalah pipa yg kecil basah (mengembun bahkan netes air).

Bocor freon menyebabkan ac menjadi kurang dingin dan bila dibiarkan kelamaan akan dapat menyebabkan ampere pada kompresor menjadi tinggi karena kinerja kompresor akan menjadi lebih ringan sehingga putaran menjadi sangat cepat, mengakibatkan overheat pada gulungan kawat tembaga di dalam kompresor memuai & ampere menjadi tinggi bahkan bila kelewat panas dapat mengelupaskan bagian cat sirlak yg melapisi kawat tembaga tersebut, sehingga terjadi korsleting pada mcb listrik rumah anda (akan jepret turun). Bila kasus seperti ini terjadi maka sebaiknya anda mengganti unit AC. Karena akan banyak masalah baru bermunculan bila anda mengganti kompresor. Sebab banyak faktor yg tidak setype dgn kompresor lama seperti jumlah gulungan, tebal kawat gulungan, besarnya kompresi belum lagi pengelasan yg kurang profesional.


Kebocoran pipa di bagian unit indoor dapat diatasi dengan las tambal tapi ini sifatnya hanya sementara tidak dapat bertahan lama (kalau beruntung bisa 1 tahun) karena logikanya pipa yg bocor artinya sdh mengalami aus akibat terkikis oleh sirkulasi freon yang berputar sekian ratus jam bahkan lebih dari ribuan jam.


Masalah Modul Indoor
Modul sensor indoor tidak merespon remote bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : kurang freon, termistor rusak & kotoran debu yg lembab sehingga menjadikan induksi tegangan antara komponen yg sensitif sehingga dapat menghanguskan beberapa bagian komponen tersebut.


Masalah Terakhir Bila anda sudah melakukan perawatan rutin tapi ac anda tetap kurang dingin bisa disebabkan oleh karena faktor usia dari kompresor anda. Kemungkinan sudah dipakai lama, karena kompresi ac yg anda pakai itu sama dengan mesin mobil yg menggunakan piston. Logikanya adalah piston bekerja terus menerus sekian tahun sehingga menjadi aus dan menyebabkan kompresi berkurang jadi otomatis tidak dapat maksimal untuk mensirkulasikan freon. Atau bisa juga anda mendapatkan produk compressor yang kurang beruntung alias gagal produk. Ini bisa saja terjadi pada anda walaupun kemungkinannya sangat kecil

Komentar